Share

Siswi SMK Borcess Raih Muri Berkat Singkong

Yudhi Maulana, Okezone · Sabtu 29 November 2014 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 29 65 1072395 siswi-smk-borcess-raih-muri-berkat-singkong-hKhN6nVCTY.jpg Keberhasilan siswi SMK Borcess membuat 231 jenis makanan olahan dari singkong diganjar rekor Muri. (Foto: Yudhi M/Okezone)

BOGOR - Siswi sekolah menengah kejuruan (SMK) Taruna Terpadu Bogor Center School (Borcess) berhasil menyabet rekor dari Museum Rekor Indonesia (Muri). Mereka mencetak rekor dengan membuat makanan olahan dari singkong terbanyak.

Ada 231 jenis olahan makanan yang dibuat oleh lebih dari 200 pelajar jurusan jasa boga itu. Tidak hanya makanan asli Indonesia, singkong juga diolah menjadi makanan barat seperti Mud Cake, Burger Singkong, Chicken Cordon dan Klapeertart.

Salah satu siswi jurusan jasa boga, Ultari Gustana Dewi mengatakan, mereka mempersiapkan konsep sejak dua bulan lalu. Sedangkan persiapan memasak hanya memakan waktu dua hari.

"Yang paling susah itu buat makanan jenis roti. Karena suka gak ngembang rotinya. Beberapa kali. Pernah gagal buat rotinya," jelasnya kepada wartawan, Sabtu (29/11/2014).

Ketua Yayasan, Mustahidin Al Ayubi, mengatakan, rekor ini merupakan momen yang membanggakan sekaligus menjadi pemicu para siswi untuk berkreasi. "Singkong dipilih sebagai bahan dasar karena kesannya makanan kampung, tapi luar biasa. Singkong ini bisa dibuat menjadi berbagai jenis makanan dan memperkaya nilai jualnya. Sehingga, orang-orang dapat berkarya dari makanan kampung yang mendunia," terang dia.

Mustahidin menjelaskan, sedikitnya dibutuhkan 60 kg singkong dalam pemecahan rekor muri tersebut. Dalam prosesnya, setiap siswa memiliki tugas untuk membuat satu makanan dari bahan singkong tersebut.

"Nantinya para siswa yang terlibat dalam pembuatan makanan ini akan diberikan beasiswa," katanya.

Beasiswa tersebut berupa bebas biaya SPP selama enam bulan bagi siswi yang mencetuskan ide. Sedangkan siswa yang terlibat dalam pencetakan rekor Muri ini akan bebas biaya SPP selama dua bulan.

Follow Berita Okezone di Google News

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini