Tolak Ditimbang, Siswi Ini Dipanggil Kepsek

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Jum'at 21 November 2014 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 20 65 1068464 tolak-ditimbang-siswi-ini-dipanggil-kepsek-6wbBmE8AEp.jpg Ireland Hobert-Hoch dipanggil kepala sekolah karena menolak berat badannya ditimbang. (Foto: Huffington Post)

IOWA - Seorang siswi di Southeast Polk Junior High, Iowa, Amerika Serikat (AS) dipanggil kepala sekolah karena menolak berat badannya ditimbang. Aksi "protes" ini juga diikuti teman-temannya.

Penimbangan berat badan dan pengukuran indeks masa tubuh atau body mass index (BMI) adalah program rutin di sekolah tersebut. Namun, bagi Ireland Hobert-Hoch, berat badan siswa bukanlah urusan sekolah.

"Menurut saya, ini urusan saya dan ibu saya. Selain itu, saya juga tidak harus tahu berapa berat badan saya sekarang," kata Ireland, seperti dilansir Huffington Post, Jumat (21/11/2014).

Pihak sekolah sendiri menawari Ireland dan ibunya untuk melakukan penimbangan di tempat tertutup. Keduanya menolak. Menurut sang ibu, Heather, keluarga mereka telah berhenti menggunakan timbangan sejak lama dan merasa baik-baik saja.

"Sangat umum terjadi di antara remaja perempuan, dan bahkan wanita dewasa, untuk terobsesi dengan angka di timbangan. Saya tidak ingin Ireland merasakan hal itu, khususnya karena dia adalah anak yang sehat," imbuhnya.

Kepala Southeast Polk Junior High, Mike Daily, menjelaskan, Ireland tidak dipanggil karena menolak ditimbang tetapi karena caranya menyampaikan penolakan tersebut ke gurunya.

"Penimbangan berat badan dan pengukuran BMI sendiri akan memberikan feedback yang dapat membantu siswa," ujar Mike.

Mike berjanji, akan membawa masalah ini ke Dewan Sekolah. Mereka akan membahas, apakah program tersebut akan diteruskan atau tidak.

Awal tahun ini, program penimbangan berat badan di berbagai sekolah di AS dikritik karena menyebut seorang siswa kelas tiga "kegemukan". Padahal, siswa tersebut hanya kelebihan satu kilogram dari rata-rata berat badan anak seusianya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini