Wajib Belajar 12 Tahun Akan Ada Payung Hukum

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Kamis 30 Oktober 2014 22:10 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 30 65 1059123 wajib-belajar-12-tahun-akan-ada-payung-hukum-ooiwITqrJN.jpg Pemerintah akan membuatkan payung hukum untuk pelaksanaan wajib belajar 12 tahun. (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akan mempersiapkan undang-undang pelaksanaan wajib belajar 12 tahun. Sejak dirintis pada 2013, tidak ada payung hukum untuk program tersebut sehingga belum berjalan baik.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menjelaskan, payung hukum tersebut diperlukan sebagai awal (hulu) pelaksanaan wajib belajar 12 tahun.

"Tetapi saat ini yang lebih penting adalah pelaksanannya. Bagaimana sekolah bisa berjalan dengan baik, juga tentang penyediaan buku, guru-guru yang berkualitas dan sebagainya," ujar Anies di Pers Room Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis (30/10/2014).

Rektor Universitas Paramadina itu tidak dapat menargetkan pelaksanaan wajib belajar 12 tahun mampu terlaksana pada 2015. Namun, dia menjanjikan bahwa payung hukum akan rampung pada tahun itu.

"Pelaksanaannya kan bicara banyak hal, soal gurunya dan fasilitasnya perlu waktu. Maka, ini akan bertahap," ucapnya.

Prioritas pelaksanaan wajib belajar 12 tahun sendiri, kata Anies, adalah pada aspek undang-undang dan kebijakan sebagai payung hukum. Lalu, kedua, jalan penyokong wajib belajar 12 tahun yaitu Kartu Indonesia Pintar (KIP).

"Kami akan membenahi keresahan masyarakat, entah itu kurikulum, pelatihan guru-guru, ujian nasional (UN), dan lain sebagainya. Itu hal penting yang harus segera dibereskan," ungkapnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini