Bahasa Inggris, Amunisi Utama Berburu Beasiswa

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Jum'at 10 Oktober 2014 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 10 65 1050574 9gbPqLZ5L8.jpg Dalam berburu beasiswa, kemampuan bahasa Inggris menjadi amunisi utama. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Saat ini penggunaan bahasa Inggris kian menjadi kelaziman dalam berbagai situasi dan kondisi. Tidak heran, penguasaan bahasa pengantar dunia ini kian dibutuhkan di era yang semakin global.

Dalam urusan pendidikan, bahasa Inggris juga memiliki peran sangat penting. Bahasa Inggris, di antaranya, menjadi syarat utama dalam berbagai program beasiswa.

Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) I Made Andi Arsana menyebut, penguasaan bahasa asing adalah hal yang tidak bisa ditawar. "Perlu diingat bahwa untuk melamar beasiswa harus ada bukti sah penguasaan bahasa asing seperti sertifikat IELTS dan TOEFL untuk Bahasa Inggris," kata Andi dalam website-nya, seperti dikutip Okezone, Jumat (10/10/2014). 

Namun, bagi sebagian orang, bahasa asing masih menjadi momok tersendiri. Padahal, kata Andi, melihat proses belajar bahasa asing sebagai sesuatu yang menyenangkan akan membuatnya lebih mudah. Kita pun bisa menjadikan mimpi bersekolah di luar negeri sebagai suatu motivasi.

Penerima beasiswa Australian Development Scholarship (ADS) - kini Australia Awards Scholarship (AAS) - ini bercerita, seorang kawannya belajar bahasa Inggris dengan membaca koran berbahasa Inggris didampingi kamus. Kini, sang kawan telah fasih berucap dan terampil dalam menulis berbahasa Inggris.

"Dia belajar dan berusaha keras. Sehari satu kata, jauh lebih baik daripada tidak sama sekali," ujar peraih gelar doktor dari University of Wollongong, Australia ini.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini