Kursus Singkat hingga S-3 dengan Beasiswa NFP

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Jum'at 10 Oktober 2014 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 10 65 1050558 S9y5V1NkO7.jpg Netherlands Fellowship Programme menyediakan kesempatan studi singkat hingga S-3 gratis di Belanda. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Biasanya, program beasiswa dari lembaga donor lokal maupun internasional hanya untuk mengenyam pendidikan formal. Tetapi, beasiswa yang satu ini memiliki kelebihan lain.

Netherlands Fellowship Programme (NFP) dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Belanda memungkinkan seseorang mengambil studi singkat gratis di Negeri Kincir Angin. Ada tiga sub program untuk pendaftar individual, yaitu kursus singkat, program master dan doktoral.

Beasiswa tersebut bertujuan untuk membangun kapasitas organisasi di 51 negara melalui pelatihan dan pendidikan para profesional. Tujuan lainnya, membantu meningkatkan jumlah dan kompetensi staf berkualitas di berbagai organisasi pemerintah dan non pemerintah.

Program beasiswa ini menargetkan kelompok profesional dengan pengalaman kerja minimal tiga tahun dan bermaksud meneruskan studi ke luar negeri. Kompetisi di NFP sangat ketat karena melibatkan kandidat dari 62 negara. Meski demikian, kesempatan Anda untuk mendapatkan beasiswa ini akan lebih besar jika Anda tinggal dan bekerja di daerah Afrika Sub-Sahara dan atau Anda merupakan kandidat wanita.

Untuk mendaftar beasiswa ini, Anda harus mendapat nominasi atau rekomendasi dari tempat bekerja. Selain itu, harus ada kebutuhan pelatihan yang jelas dalam konteks organisasi. Anda juga perlu mencari tahu ke institusi perguruan tinggi tujuan, apakah mereka memiliki program studi yang Anda inginkan.

Untuk tahun ini, proses pendaftaran dan seleksi NFP telah dibuka sejak 4 September. Kandidat terpilih akan mendapatkan biaya visa, tiket perjalanan, tunjangan biaya kuliah, biaya hidup, biaya riset hingga asuransi kesehatan.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini