Beasiswa Gates Cambridge untuk Si Pecinta Inggris

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Jum'at 10 Oktober 2014 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 09 65 1050295 y7MaPU5WLk.jpg Beasiswa Gates Cambridge memberi kesempatan pelajar internasional melanjutkan studi ke Cambridge University, Inggris. (Foto: dok. Gates Cambrdige Scholarship)

JAKARTA - Banyak lulusan atau sarjana yang ingin melanjutkan studi ke Inggris. Beasiswa pun menjadi alternatif kuliah yang paling banyak diburu.

Salah satu beasiswa untuk menuntut studi di Inggris adalah beasiswa Gates Cambridge. Program ini didirikan pada 2000 dengan modal awal sumbangan USD210 miliar atau setara dengan Rp2.573 triliun dari Bill dan Melinda Gates Foundation. Dana beasiswa tersebut ditujukan kepada University of Cambridge, Inggris. Beasiswa ini merupakan sumbangan tunggal terbesar untuk sebuah universitas di Inggris.

Pendaftar beasiswa Gates Cambridge dapat mengambil berbagai mata kuliah yang tersedia di University of Cambridge. Meski demikian, beasiswa di fokuskan pada studi pascasarjana. Kandidat yang dipilih adalah mereka  yang memiliki intelektual tinggi dengan kapasitas untuk kepemimpinan dan berkomitmen untuk meningkatkan kehidupan sosial.

Setiap tahun, ada 95 beasiswa yang diberikan. Penerima beasiswa Gates Cambridge sejauh ini berasal lebih dari 100 negara dengan lebih dari 1.300 alumni. Selain mengejar gelar akademis, mereka juga terlibat dengan berbagai komunitas.

Keuntungan bagi penerima beasiswa Gates Cambridge di antaranya adalah tanggungan biaya kuliah, tunjangan sebesar 13 ribu poundsterling atau setara dengan Rp255 juta, tiket pesawat, tunjangan keluarga, dan kebutuhan lainnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini