Apa Sih Beasiswa Chevening?

Margaret Puspitarini, Okezone · Jum'at 10 Oktober 2014 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 09 65 1050270 bdYqcld8Pt.jpg Inggris adalah negara Eropa favorit sebagai tujuan studi. Beasiswa Chevening pun banyak diburu mereka yang ingin kuliah di sini. (Foto: dok. Chevening)

JAKARTA - Salah satu negara Eropa yang menjadi incaran pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan tinggi adalah Inggris. Walaupun biaya pendidikan dan biaya hidup di sana terbilang mahal, minat mereka seakan tak pernah padam.

Beruntung, pemerintah Inggris menyediakan beasiswa sebagai sebuah solusi, yakni beasiswa Chevening. Beasiswa ini ditawarkan Pemerintah Inggris bagi mahasiswa internasional melalui pendanaan Foreign and Commonwealth Office (FCO).

Berusia 31 tahun, saat ini beasiswa Chevening melayani 116 negara di seluruh dunia (di luar AS dan Uni Eropa). Setiap tahun sekira 700 beasiswa diberikan. Beasiswa ini telah memiliki lebih 41 ribu alumni. Dan tahun ini jumlah penerima beasiswa akan ditambah hingga tiga kali lipat.

Beasiswa Chevening khusus menjaring individu-individu berbakat yang memiliki potensi kepemimpinan. Selain menanggung biaya kuliah, penerima beasiswa juga memperoleh tiket perjalanan, biaya penyusunan tesis, tunjangan hidup, dan uang saku bulanan sekira 917 - 1.134 poundsterling.

Alumni Chevening memiliki catatan prestasi yang sangat baik terutama  dalam profesi kepemimpinan di berbagai bidang. Mulai dari politik, bisnis, media, komunitas sipil, agama, dan akademisi. Beberapa alumni berpengaruh dari Indonesia, di antaranya Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya, Direktur Eksekutif Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Rizal Sukma.

Pendaftaran online untuk Program Beasiswa Chevening 2015/2016 dibuka sejak 1 Agustus 2014 dan akan berakhir pada 15 November 2014. Informasi lengkap dapat diakses melalui www.chevening.org.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini