Beasiswa sebagai Alternatif Pembiayaan Kuliah

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Jum'at 10 Oktober 2014 05:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 09 65 1050250 3Qere1k36m.jpg Beasiswa sebagai alternatif pembiayaan kuliah. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi di Tanah Air belum tinggi. Salah satu penyebabnya, biaya kuliah begitu mahal bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan, untuk mengikuti tes masuk perguruan tinggi saja, seseorang harus mengeluarkan biaya ujian yang juga tidak sedikit.

Untuk memperluas akses pendidikan tinggi, pemerintah pun membebaskan biaya ujian masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Tidak hanya itu, melalui skema Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidik Misi), pemerintah juga memberi kesempatan kepada lebih banyak siswa berprestasi dari keluarga tidak mampu untuk mengenyam pendidikan tinggi.

Selain dari pemerintah, berbagai lembaga donor juga memberikan beasiswa untuk studi di dalam maupun luar negeri. Beasiswa memang telah menjadi alternatif pembiayaan studi di tengah menjulangnya ongkos kuliah saat ini. Nilai plusnya, prestise karena berhasil menembus seleksi ketat yang melibatkan ribuan orang.

Meski demikian, penerima beasiswa memiliki tanggung jawab lebih besar. Mereka harus mampu mengelola uang beasiswa yang diterima agar mencukupi semua kebutuhan studi dan hidup sehari-hari; apalagi mereka yang menempuh kuliah jauh dari kampung halaman.

Hari ini, Okezone menghadirkan liputan khusus "10 Beasiswa Favorit Banyak Diburu". Selain informasi tentang beasiswa yang populer di kalangan pelajar internasional, liputan ini juga menghadirkan cerita para penerima beasiswa di luar negeri dan tips yang bisa menjadi contekan pemburu beasiswa. 

Selamat membaca.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini