Share

UNY Jadi Pusat Pelatihan Bahasa Indonensia

Dadan Muhammad Ramdan, Okezone · Kamis 27 November 2008 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2008 11 27 65 168310

YIGYAKARTA- Pembantu Rektor II Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, M.Pd mengatakan  UNYditunjuk menjadi pusat pelatihan bahasa Indonesia bagi mahasiswa asing yang nantinya akan ditempatkan di beberapa universitas.

Menurutnya, banyak pertanyaan dari negara lain tentang UNY berkaitan dengan program mahasiswa asing. "Tentunya hal ini bisa menjadi ajang promosi yang positif bagi UNY," ujarnya di Yogyakarta, seperti dilansir UNY onlie, Kamis (27/11/2008).

Sebab itu, kata Sutrisna, kegiatan promosi UNY akan dimaksimalkan melalui Divisi promosi UNY mulai 2009. Hal itu dimaksudkan agar sistem promosi lebih terkoordinasi dengan baik. Hal lain, wilayah promosi menjadi lebih merata.

Dia juga menjelaskan perilaku promosi tidak hanya memperkenalkan program studi (prodi) yang ada di UNY, tapi bagaimana menjual imej  ke masyarakat. Pencitraan pada masyarakat harus dilakukan oleh seluruh sivitas akademika.

"Diperlukan strategi khusus bagi prodi yang peminatnya kurang di antaranya program studi pendidikan seni kerajinan. Padahal, pasar kerja untuk prodi tersebut cukup luas dan banyak dicari," tuturnya.

Terkait dengan target UNY menuju World Class University, Sutrisna mengatakan universitas memberikan anggaran kepada setiap fakultas sebesar Rp25 juta untuk menyelenggarakan seminar internasional dalam rangka promosi dan mendukung program.

 "Untuk program studi pendidikan matematika dan pendidikan akutansi akan mengunakan bahasa pengantar dengan bahasa Inggris," imbuhnya. 

(ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini